Kesadaran Hukum Pada Kampung Halaman (KEHUPAMAN): Tim Program PKM FH UNMUL Sosialisasi ke Daerah

Pasal 28 H Ayat (1) Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, menjamin hak atas lingkungan yang baik dan sehat dalam kehidupan bermasyarakat, yang diimplementasikan dalam UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Hak ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kesehatan di lingkungan sekitar.

Untuk menyadarkan pentingnya hak lingkungan yang baik dan sehat. Pada hari Sabtu, 26 Januari 2019, rombongan Tim Dosen dan Mahasiswa Magister dan S1 Fakultas Hukum (FH) Universitas Mulawarman (UNMUL), mengadakan sosialisasi, hak atas lingkungan yang baik dan sehat terhadap lingkungan di sekitarnya, di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda di Rumah Bapak M. Aini, S.Pd., MM, sebagai Ketua RT.1. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Hukum UNMUL ini, dalam rangka untuk mengisi liburan Mahasiswa Fakultas Hukum (FH), dalam program road show. 

Kesadaran Hukum Pada Kampung Halaman (KAHUPAMAN) pada tempat tinggalnya untuk berbagi ilmu pengetahuan terkait dengan masalah-masalah hukum dan berinteraksi dengan penduduk sekitarnya. Dengan datang dan bersosialisasi terkait masalah hukum, ini secara memberi nilai lebih bagi mahasiswa untuk mengimplementasi ilmu dibangku kuliah, menjalin silaturahmi dan kerjasama berupa program kegiatan pengabdian kepada masyarakat, antara orangtua mahasiswa, masyarakat sekitar mahasiswa dan Fakultas Hukum UNMUL. PMK ini wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi UNMUL di Kaltim, berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 
Tim PKM Fakultas Hukum, terdiri dari: Dr. Siti Kotijah, S.H, M.H., Ine Ventryrina, S.H., M.H., Fitriyah, S.H, dan Dewi Anjani. Didalam kegiatan PKM ini, dibantu para mahasiswa. Pada acara PKM itu, yang menjadi narasumber Ine Ventryrina, S.H., M.H, menjelaskan mengenai jaminan atas hak lingkungan yang baik dan sehat kemudian dilanjutkan oleh Dr. Siti Kotijah yang memaparkan tentang penggunaan sampah plastik dan bahayanya bagi lingkungan. Selama acara PKM, masyarakat yang datang, kebanyakan ibu-ibu sangat antusias dalam mempertanyakan masalah-masalah kesehatan.

“Pengabdian kepada masyarakat ini, memberi kesan yang mendalam atas keramahan, kegembiraan serta antusias atas partisipasinya dalam sosialisasi kegiatan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan. Harapannya masyarakat semakin sadar akan lingkungan dan kesehatan di sekitar yang telah dijamin oleh Negara,” kata Dr. Siti Kotijah.

Copyright 2010 - Siti Khotijah. Diberdayakan oleh Blogger.